top of page

Jajan di UMKM, Turut Kembangkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia?



Kita semua pasti suka kuliner yang enak dan murah, seperti jajanan tradisional, aneka kue, dan beberapa jenis menu hidangan lainnya. Sekarang ini, cukup mudah untuk mendapatkannya karena banyak sekali usaha kecil makanan & minuman yang menawarkan banyak varian produk. Apalagi, kita bisa memesan makanan dari platform online. Pembelian online ini mungkin terlihat sederhana, tetapi tahukah kamu dengan membeli dari pedagang kecil ini artinya kita turut membantu meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia?


Fakta ini benar adanya. Meskipun skala UMKM jauh lebih kecil dibandingkan dengan perusahaan besar, namun UMKM memberikan kontribusi yang cukup besar bagi pembangunan ekonomi negara karena juga memiliki peran penting dalam inklusi sosial. Semakin banyak pemilik UMKM menjalankan bisnisnya, semakin banyak peluang kerja yang dapat mereka berikan. UMKM menyumbang 60 persen dari PDB tahun lalu dan 97 persen dari pekerjaan rumah tangga (sumber: thejakartapost.com).


Peran UMKM sangat dipengaruhi oleh kita sebagai konsumennya. Jika konsumen membeli produk, artinya mereka juga mendukung pemilik usaha, terutama saat wabah Covid-19 merebak. Seperti kita ketahui, banyak pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) saat terjadi pandemi dan beralih karir menjadi pemilik UMKM.


Tidak hanya bagi para pemilik usaha, pengeluaran kita juga akan membantu perekonomian yang cukup terkena dampak besar akibat wabah yang terjadi sejak Maret 2020. Apabila pelanggan masih bisa membeli apa yang diinginkan, artinya tidak akan ada hambatan finansial yang dapat berdampak pada kehidupan. Hal ini memungkinkan kita untuk terus maju sambil melawan pandemi ini.


Sayangnya, jumlah pelaku usaha di Indonesia saat ini masih kurang. Agar bisa diakui sebagai negara maju, tingkat kewirausahaan harus minimal 4%, sedangkan saat ini kita di angka 3,47%. Sementara itu, masih banyak UMKM yang belum menggunakan platform digital untuk mengembangkan bisnisnya (sumber: sindonews.com).


Berawal dari semangat #NYATAKANsalingbantu di tengah kondisi pandemi, sebuah platform online berupa aplikasi yang mempertemukan terutama para UMKM sebagai mitra dan konsumen, akan segera diluncurkan. Aplikasi yang merupakan karya anak bangsa ini memiliki banyak fitur mulai dari penawaran produk makanan dan minuman, produk kesehatan hingga fitur mencari tenaga kerja seperti suster, asisten rumah tangga dan masih banyak lagi. Tunggu tanggal mainnya ya!


Perilaku konsumsi kita tidak hanya berdampak pada diri kita sendiri, tetapi juga orang lain. Bagi UMKM, ini membantu mereka bertahan dalam masa sulit ini, sementara untuk pertumbuhan ekonomi negara, hal ini membuat arus keuangan terus berputar.

5 views0 comments
bottom of page